Contoh kecerdasan buatan

Manfaat dan Contoh Kecerdasan Buatan (AI) yang Harus Diketahui

Contoh kecerdasan buatan adalah salah satu bentuk dari perkembangan teknologi dan cukup sering dipakai dalam kehidupan sehari-hari. Istilah lain dari kecerdasan buatan adalah artificial intelligence yaitu bidang ilmu komputer khusus berfungsi menyelesaikan masalah kognitif.

Beberapa masalah yang terlibat dalam kecerdasan buatan adalah pengenalan pola, pemecahan masalah dan pembelajaran.

Pembahasan Singkat Tentang Kecerdasan Buatan

Pembahasan Singkat Tentang Kecerdasan Buatan

Pada teknologi perkembangan ilmu TIK dianggap sebagai kecerdasan buatan, sebab ilmu TIK ini bisa mensimulasi kecerdasan manusia terhadap mesin komputer.

Tujuannya adalah untuk membantu menyelesaikan masalah dan pekerjaan seperti yang dilakukan oleh manusia bahkan bisa dibilang lebih baik cara penyelesaiannya daripada manusia.

Tahun 1956, istilah kecerdasan buatan pertama kali dikenalkan pada masyarakat luas saat Konferensi Dartmouth. Tapi sebenarnya konsep awal kecerdasan buatan telah dibentuk jauh sebelum Konferensi Dartmouth dilaksanakan.

Seiring berkembangnya zaman, para ahli terus melakukan penelitian dan melakukan perkembangan pada mesin pintar tersebut untuk membantu manusia untuk menyelesaikan pekerjaannya dengan cepat dan mudah.

Contoh Kecerdasan Buatan

Contoh Kecerdasan Buatan 2

Sebelum mengetahui contoh dari kecerdasan buatan, Anda harus paham dan ingat sebelumnya jika kecerdasan buatan bukan bermaksud untuk mengganti peran manusia, hanya saja berusaha untuk membantu dan menjadi solusi dalam sebuah masalah.

Berikut contoh teknologi kecerdasan buatan yang sering ditemukan dan digunakan oleh manusia:

1. Teknologi mobil pintar

Mobil pintar termasuk pada contoh kecerdasan buatan pertama. Mobil pintar dilengkapi dengan chip yang mampu membuat mobil mengaktifkan sensor tertentu. Contohnya, sensor untuk fitur autopilot, sensor atau sistem ini bisa membuat mobil pintar berjalan secara otomatis.

2. Aplikasi live streaming

Aplikasi live streaming juga termasuk contoh dari kecerdasan buatan. Seperti aplikasi Netflix atau Spotify yang sudah banyak diunduh oleh pengguna.

3. VR atau Virtual Reality

Virtual Reality disebut juga dengan realitas virtual, salah satu teknologi yang memungkinkan manusia bisa berinteraksi dengan beberapa objek imajinasi buatan komputer secara nyata.

4. Asisten virtual

Asisten virtual yaitu sebuah layanan di smartphone yang bertujuan untuk melakukan dan mencari informasi yang dibutuhkan hanya pakai fitur suara.

Beberapa jenis asisten virtual yang banyak digunakan oleh pengguna smartphone adalah Siri, Cortana, dan Google Now.

5. Iklan daring

Iklan daring seringkali dijumpai pada aplikasi yang terhubung dengan internet. Setiap iklan yang muncul di smartphone akan berbeda jenisnya dengan smartphone orang lain.

Iklan daring adalah contoh kecerdasan buatan terakhir yang bertujuan untuk mengolah algoritma dalam menganalisis sebuah produk.

6. Robo penasihat

Robo penasehat atau robo-advisors merupakan sistem yang dihasilkan dari kecerdasan buatan, bertujuan untuk memberikan sebuah nasihat keuangan kepada para investor.

Robo-advisors memakai algoritma saat menganalisis tujuan investasi dan toleransi saldo, sehingga bisa memberikan rekomendasi tempat investasi yang sesuai.

Seringkali, nasihat yang diberikan robo-advisors lebih akurat dan netral (tidak memihak) jika dibandingkan dengan orang yang bekerja dibidang penasihat keuangan.

Sebab, biasanya orang yang berprofesi penasihat keuangan tidak pernah tunduk pada bias kognitif yang sama.

7. Analisis prediktif

Analisis prediktif adalah sistem yang sering dipakai di berbagai jenis industri, seperti industri perawatan kesehatan, manufaktur, dan ritel.

Bidang tersebut membutuhkan analisis prediktif untuk memprediksi beberapa hal seperti risiko keuangan, kebutuhan pemeliharaan dan permintaan konsumen.

Dengan adanya analisis prediktif, tentu bisa membantu pebisnis untuk membuat keputusan yang akurat, efektif dan efisien.

8. IBM Watson

IBM watson adalah contoh terakhir dari kecerdasan buatan yang telah dikembangkan IBM agar bisa bersaing dengan game show Jeopardy.

Watson bisa digunakan untuk membantu dokter saat mendiagnosis penyakit pasien, analisis riwayat medis pasien, dan hasil tes lebih cepat didapatkan

Manfaat Dari Kecerdasan Buatan

Manfaat Dari Kecerdasan Buatan

Setelah mengetahui apa saja contoh dari kecerdasan buatan, saatnya mengetahui apa sebenarnya manfaat dari kecerdasan buatan dalam kehidupan sehari-hari.

1. Mengoptimalisasi pekerjaan

Dengan adanya kecerdasan buatan mampu mengoptimalisasi sebuah pekerjaan. Sehingga pekerjaan lebih cepat selesai, mudah dikerjakan, dan lebih efisien karena penggunaan waktu yang lebih terstruktur.

2. Bisa menunjang proses belajar

Teknologi yang dibuat berkat kecerdasan buatan bisa bermanfaat untuk dunia pendidikan. Contohnya, dengan adanya voice assistant bisa membuat para murid lebih mudah mencari materi hanya dengan cara menyebutkan kata kuncinya.

3. Mengurangi kesalahan

Terakhir, manfaat dari kecerdasan buatan adalah bisa digunakan untuk jenis pekerjaan yang tingkat konsistensi dan akuratnya sangat tinggi, contohnya pekerjaan yang berhubungan dengan jumlah data yang banyak.

Dengan adanya kecerdasan buatan mampu mengurangi kesalahan saat bekerja akibat human error.

Selain beberapa contoh diatas, sebenarnya masih banyak lagi contoh dari kecerdasan buatan lainnya, seperti fitur selfie, GPS, media sosial, browser, online shop, translator dan contoh lainnya.

Perlu diingatkan kembali, hadirnya contoh kecerdasan buatan dalam kehidupan manusia bukan berarti berusaha menggantikan kinerja manusia, hanya saja kecerdasan buatan berupaya membantu untuk memudahkan manusia menyelesaikan pekerjaanya dengan lebih efisien dan cepat.

Contoh teknologi luar angkasa Previous post Apa Dampak Negatif dan Contoh Teknologi Luar Angkasa?